April 13, 2024

Tradescantia zebrina, juga dikenali sebagai pokok zebrina, memiliki daun yang bermotif zebra yang sangat menarik. Tradescantia zebrina adalah tanaman herba yang menjalar, dengan kemampuan untuk tumbuh setinggi 15 cm. Tanaman ini memiliki daun berbulu dan bergaris dengan warna perak-ungu iridesen di atas dan ungu seragam di bawah. Batang tanaman ini berwarna hijau dengan bintik-bintik ungu dan menghasilkan getah bening dan berair apabila dipotong. Manusia dan anjing mungkin mengalami iritasi atau ruam jika bersentuhan dengan getah ini. Bunga-bunga yang dihasilkan oleh Tradescantia berwarna pink dan memiliki 3 kelopak. Namun, bunga ini jarang terlihat jika ditanam di dalam ruangan.

Tradescantia zebrina lebih suka tumbuh di tempat teduh atau mempunyai sedikit cahaya dan mengandungi tanah organik yang subur dan lembap. Ini adalah tanaman yang ideal untuk digunakan sebagai penutup tanah yang menjalar atau tanaman penutup. Ia mudah dibiakkan menggunakan keratan namun boleh menyebabkan kawasan menjadi semak jika tidak diselenggara dengan baik.

Kebiasaannya tumbuhan ini biasanya hanya dijadikan tanaman hiasan. Namun, di tenggara Mexico, khususnya di wilayah Tabasco, tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai teh herbal dingin yang diberi nama “Matali”. Dalam penggunaan etnobotani pula, daun tanaman ini dikatakan boleh dimakan dan digunakan sebagai bumbu dan rempah. Selain itu, daun ini juga dapat dibuat menjadi teh untuk mengubati gangguan ginjal.

Number of View :667

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam