March 4, 2024

Durian belanda (Annona muricata) adalah salah satu buah tropika yang kian meningkat populariti di kalangan peminat buah-buahan segar. Buah ini juga dikenali dengan nama lain seperti soursop dan graviola. Ia termasuk dalam keluarga Annonaceae dan berasal dari Amerika Tengah.

Ciri-ciri Durian Belanda

Pokok durian belanda biasanya tumbuh kecil hingga sederhana, dengan tinggi sekitar 5 hingga 8 meter. Ia memiliki dahan yang banyak dan daun yang lebat yang selalu menghijau. Permukaan atas daunnya hijau tua dan berkilat, sementara permukaan bawahnya berwarna hijau muda kekuningan dan lebih pucat. Daunnya berbentuk bujur panjang, dengan panjang sekitar 18 cm dan lebar antara 2,5 hingga 7 cm. Daun ini memiliki bau yang khas, terutama saat diramas.

Bunga pokok durian belanda adalah bunga lengkap atau hermafrodit, yang berarti ia mengandung baik stamen maupun stigma. Bunganya memiliki sepal dan petal yang bersifat nabati, dengan sepal berwarna hijau tua dan lebar sekitar 0.3 hingga 0.5 cm. Petalnya terdiri dari enam lembar yang tersusun dalam dua baris. Petal luar lebih tebal dan besar dengan warna hijau yang berubah menjadi kuning pucat. Petal dalamnya lebih kecil dan tersusun berselang dengan petal luar. Bunga ini memiliki bau yang kuat dan dapat terbentuk di batang, dahan, dan ujung ranting.

Buah durian belanda memiliki bentuk yang bujur dan biasanya sedikit melengkok. Warna kulit buah ini hijau tua dan ditutupi oleh duri-duri yang pendek dan lembut. Buah yang matang memiliki panjang sekitar 15 – 35 cm dan lebar antara 10 – 15 cm. Isi buahnya lembut, berjus, dan memiliki aroma yang khas. Di dalam isi ini terdapat antara 30 – 100 biji yang berwarna hitam dan berkilat.

Manfaat Durian Belanda

Buah durian belanda memiliki rasa yang unik, campuran antara masam dan manis, yang membuatnya sangat disukai. Ia bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus yang sangat segar dan enak. Selain rasanya yang lezat, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 24 mg per 100 gram. Selain itu, buah ini juga kaya akan kalsium, fosforus, dan kalium.

Kesimpulan

Durian belanda adalah buah yang tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini sangat bermanfaat untuk kesihatan tubuh kita. Oleh kerana itu, tidak menghairankan jika buah ini semakin popular dan diminati oleh banyak orang.

Number of View :7626

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam