February 21, 2024

Kacang botor, atau juga dikenali sebagai kacang botol atau kacang segi empat, merupakan sejenis tanaman yang cukup popular di kalangan masyarakat Asia Tenggara. Tanaman ini menghasilkan buah panjang, menggelembung dengan bentuk yang unik – seperti kacang panjang, tetapi dengan empat sudut. Dalam artikel ini, kita akan mengenali kacang botor, dari sejarahnya hingga kegunaan dan manfaatnya.

Sejarah dan Asal Usul Kacang Botor

Psophocarpus tetragonolobus, atau lebih dikenali sebagai kacang botor, adalah sejenis leguminosae yang berasal dari Asia Tenggara. Negara seperti Malaysia, Indonesia, dan Filipina adalah di antara negara-negara yang dikenal sebagai habitat asal kacang botor. Tanaman ini kemudian tersebar ke berbagai belahan dunia termasuk Afrika dan Amerika Selatan.

Penanaman Kacang Botor

Kacang botor adalah tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan penjagaan yang rumit. Ia dapat tumbuh baik di tanah liat atau tanah berpasir dengan kandungan bahan organik yang baik. Tanaman ini juga dapat tumbuh di kawasan dengan curah hujan tinggi maupun kering.

Khasiat dan Manfaat Kacang Botor

Kacang botor kaya dengan protein dan serat makanan, dua nutrien yang sangat penting untuk diet yang seimbang. Selain itu, buah dan bijinya juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan seperti vitamin C, kalium, zat besi, dan kalsium.

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology” pada tahun 2020 menunjukkan bahwa ekstrak kacang botor mengandung sebatian fenolik dan flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang melindungi sel tubuh dari kerosakan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanser.

Penggunaan Kacang Botor dalam Masakan

Kacang botor adalah bahan yang serbaguna dalam masakan. Buahnya yang muda biasanya direbus atau ditumis dan dimakan sebagai sayuran. Bijinya juga bisa dimakan, baik direbus atau digoreng. Di beberapa negara seperti Malaysia dan Indonesia, kacang botor sering digunakan dalam masakan tradisional seperti kerabu.

Kesimpulan

Kacang botor adalah tanaman yang menawarkan pelbagai manfaat, baik dalam nutrien maupun dalam penggunaannya dalam masakan.

>>> Dapatkan Info Terkini berkaitan tumbuhan di Channel Telegram >> https://t.me/tentangtumbuhan

>>> Dapatkan Info Terkini berkaitan tumbuhan di Channel Telegram >> https://t.me/tentangtumbuhan

Number of View :4329

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam