February 27, 2024

Artikel kali ini adalah mengenai salah satu buah yang tidak asing lagi di negara kita iaitu pisang. Tahukah Anda tentang asal-usul , penyebaran pisang, klasifikasi dan morfologi tanaman pisang?

Sejarah Penyebaran Tanaman Pisang

Awalnya, tanaman pisang dikatakan berasal dari hasil persilangan semulajadi pisang liar. Kajian Literatur menyatakan bahawa pusat kepelbagaian tanaman pisang berada di kawasan Asia Tenggara, khususnya India dan Filipina.

Pisang mulai menyebar ke berbagai wilayah di dunia sejak tahun 1000SM. Di wilayah timur, pisang menyebar melalui Samudera Pasifik dan Hawai, sedangkan di wilayah barat, pisang menyebar melalui Samudera Hindia, Afrika, hingga ke pantai timur Amerika. Orang Indonesia juga berperanan penting dalam menyebarkan tanaman pisang ke pulau Madagaskar sekitar tahun 500.

Klasifikasi Tanaman Pisang

Dalam taksonomi, pisang tergolong dalam divisi Spermatophyta, sub devisi Angiospermae, kelas Monocotyledonae, dan famili Musaceae. Genusnya adalah Musa, dan spesies yang paling umum adalah Musa paradisiaca L. Pisang masuk dalam famili Musaceae dan terbagi menjadi dua genus yaitu Musa dan Ensete. Buah pisang yang umumnya kita makan berasal dari golongan Musa, khususnya Musa acuminata dan Musa balbisiana.

Morfologi Tanaman Pisang

Tanaman pisang termasuk dalam tumbuhan monokotil. Tanaman ini memiliki batang palsu yang merupakan pelepah daun yang tersusun secara rapat dan teratur. Tanaman pisang juga memiliki umbi yang disebut bonggol. Dari pangkal pada bonggol inilah akan tumbuh tanaman baru yang disebut sulur pisang.

Pisang memiliki bunga majmuk, dan tiap kuncup bunga dibungkus oleh seludang berwarna merah kecoklatan. Bunga betina akan berkembang secara normal, sedangkan bunga jantan yang berada di hujung tandan tidak berkembang dan tetap tertutup oleh seludang.

Buah pisang sendiri umumnya tidak berbiji atau bersifat partenokarpi, dengan ukuran bervariasi tergantung varietinya. Buahnya berbentuk memanjang, membengkok, dengan kulit berwarna hijau yang berubah menjadi kuning saat matang.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat dikongsikan tentang pisang. Semoga kita semakin menghargai setiap gigitan pisang yang kita nikmati. Selamat menikmati pisang !

Number of View :496

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam